Risno. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

1. MERUMUSKAN KEBUTUHAN PENGGUNA KOMPUTER

1.1    Mempersiapkan Dokumen Wawancara

1.1.1   Dokumen Standar yang Berkaitan Dengan Mengumpulkan Informasi User Diidentifikasi

Dalam suatu proyek berbasis teknologi informasi, pengumpulan data dan informasi yang berkaitan dengan user sangatlah penting artinya dalam pengerjaan proyek. Data dan informasi yang terkumpul tersebut nantinya akan diolah menjadi user requirement, yaitu kebutuhan user terhadap sistem yang ada, maupun sistem yang diharapkan akan ada setelah proyek selesai.

Pengumpulan informasi dan data membutuhkan pendokumentasian yang teratur dan terstruktur agar nantinya perumusan user requirement dapat sesuai dengan sistem yang dimiliki oleh user maupun dapat memperbaiki dan memperbarui sistem tersebut menjadi sistem yang lebih baik, efektif, dan efisien dalam pelaksanaannya untuk kegiatan operasional sehari-harinya.

Dalam pembahasan ini, diasumsikan bahwa proyek berbasis IT yang akan diterapkan dalam sistem yang dimiliki oleh user adalah proyek yang berkaitan dengan pengembangan infrastruktur IT, termasuk didalamnya adalah pengelolaan hardware maupun software yang dikostumisasi sesuai dengan kebutuhan user.

Dalam pengumpulan data dan informasi dibutuhkan dokumentasi standar untuk pencatatannya. Pisahkan antara dokumentasi untuk kebutuhan hardware maupun software.

  Sebelumnya buatlah terlebih dahulu template dokumentasi standar untuk pencatatan data dan informasi yang akan dikumpulkan dari user. Selain berisi data dan informasi mengenai kebutuhan user, dokumen juga berisi keterangan mengenai baik pihak user maupun pihak instansi yang melakukan pengumpulan data dan informasi tersebut, beserta perwakilannya. Perhatikan gambar 1.1 di bawah ini, yang menampilkan contoh cover standar template dokumentasi untuk pencatatan kebutuhan user. Cover ini berisi data-data singkat company’s profile baik dari pihak user maupun dari pihak instansi yang mengajukan proyek.

(Gambar 1.1    Cover Standar Dokumentasi)

Persiapkan cover standar seperti contoh diatas untuk pengumpulan kebutuhan user sesuai dengan modul-modul dalam proyek yang akan diselenggarakan. Selain cover-nya persiapkan juga lima lembar kosong untuk pencatatan kebutuhan user untuk masing-masing modul tersebut. Setiap modul nantinya akan dibuat copiannya sebanyak tiga rangkap. Rangkap pertama untuk pihak perusahaan pengaju proyek, rangkap kedua untuk user, sedangkan rangkap ketiga disimpan oleh perusahaan pengaju proyek sebagai dokumentasi.
  
Untuk pengisian data-data singkat company’s profile kedua belah pihak, dilakukan sebelum melakukan wawancara pengumpulan requierement. Semua bagian harus terisi kecuali bagian tanda tangan untuk kedua pihak representative, yang baru akan ditandatangani sesudah kegiatan wawancara.

Hasil wawancara pengumpulan requirement dicatat pada halaman berikutnya, dan halaman-halaman tersebut nantinya dijadikan satu dengan cover yang telah dipersiapkan sesuai dengan modulnya.  

  Dalam proyek pengembangan infrastruktur IT, pencatatan terhadap kebutuhan hardware dan software dilakukan terpisah, namun template yang digunakan untuk pencatatan adalah sama.

  Beberapa contoh cara pengisian akan diuraikan pada paragraph di bawah ini.

  Untuk kebutuhan akan hardware, pada bagian modul dapat diisi dengan:
o   Komputer untuk server
o   Komputer untuk data entry
o   Jaringan / network
o   Peralatan / perlengkapan tambahan
o   dsb (sesuai dengan kebutuhan user)

Pada halaman-halaman berikutnya baru diisi dengan uraian dari kebutuhan-kebutuhan hardware yang bersangkutan, misalnya “Komputer untuk server”, uraiannya adalah:
o   Dual Xeon 2.8 Ghz FSB 800 Hyperthreaded (4 CPU),
o   Memori 2 GB ECC Registered PC2700
o   120GB 7200RPM IDE / 8MB Cache, 120GB IDE Backup Drive

Sedangkan untuk bagian submodul dikosongkan saja. Untuk kebutuhan akan software, pada bagian modul dapat diisi dengan:
o   Accounting
o   Inventory
o   Human Resource
o   dsb (sesuai dengan kebutuhan user)

  Untuk bagian submodul diisi dengan submodul yang sesuai dengan modulnya, misalnya untuk modul “Accounting”, submodulnya dapat diisi:
o   General Ledger
o   Worksheet
o   Cashflow
o   dsb (sesuai dengan kebutuhan user, dan modulnya)

  Pada halaman-halaman berikutnya baru diisi dengan uraian dari kebutuhan-kebutuhan dari submodul yang bersangkutan.

  Identifikasi jumlah modul dan submodul yang diajukan dalam proyek. Setiap modul dan submodul memiliki delapan lembar pencatatan yang terdiri dari tiga lembar cover berisi data-data company’s profile kedua belah pihak, dan lima lembar yang masih kosong untuk digunakan sebagai pencatatan akan kebutuhan user sesuai dengan modul dan submodulnya. Untuk lima lembar terakhir yang digunakan sebagai pencatatan kebutuhan user, tidak harus lima lembar, bisa kurang ataupun lebih dari lima lembar, tergantung dari kebutuhan user-nya.

  Bila proses pencatatan kebutuhan tersebut telah selesai, hasil pencatatan ditandatangani oleh perwakilan kedua belah pihak pada tempat yang telah disediakan, pada ketiga cover User Requirement.  Perwakilan bisa lebih dari satu orang, namun yang menandatangai cukup satu orang saja sebagai perwakilan utama.

  Hasil pencatatan kebutuhan pada lembar-lembar lainnya dibuat copian sebanyak tiga kali, dan masing-masing copiannya diberi cover User Requirement yang sudah ditandatangani oleh perwakilan kedua belah pihak. Jadi kini dokumentasi pencatatan tersebut ada tiga buah dengan masing-masing memiliki cover User Requirement didepannya yang sudah ditandantangani oleh masing-masing pihak. Copian yang pertama akan disimpan oleh pihak pengaju proposal, copian yang kedua akan disimpan oleh user, sedangkan copian ketiga akan disimpan oleh pihak pengaju proposal sebagai dokumentasi.


1.1.2   Dokumen Dipersiapkan Sesuai Dengan SOP

Apa yang dimaksud dengan SOP? SOP adalah singkatan dari Standard Operating Procedure, yaitu penetapan tertulis mengenai apa yang harus dilakukan, kapan, dimana dan oleh siapa suatu pekerjaan dilakukan, beserta dengan langkah-langkah yg harus diikuti untuk menjalankan suatu pekerjaan dengan berpedoman pada tujuan yg harus dicapai.

Sebelum melakukan wawancara terhadap user, selain dokumen untuk pencatatan user requirement, persiapkan juga dokumen-dokumen pendukung lainnya yang dibutuhkan. Dokumen-dokumen pendukung tersebut antara lain:
o   Daftar list pertanyaan untuk wawancara dengan user
o   Surat ijin untuk melakukan wawancara dari project manager
o   Surat ijin dari perusahaan sebagai company’s / project’s representative

Persiapkan dokumen-dokumen pendukung yang telah diuraikan di atas sesuai dengan SOP yang berlaku di perusahaan. Perkirakan waktu untuk mendapatkan persetujuan semua dokumen pendukung dengan seksama sehingga tidak berbenturan dengan jadwal wawancara dengan user yang bersangkutan. Usahakan semua dokumen pendukung tersebut mendapatkan persetujuan sebelum waktu wawancara user.   



1.2    Melakukan Wawancara Untuk Mendapatkan Kebutuhan User

1.2.1   Pihak-pihak Tertentu Dikenal Dalam Kaitannya Untuk Mendapatkan Informasi Dari User

Menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan user untuk mendapatkan data dan informasi sangat  dibutuhkan dalam merumuskan user requirement.

Hubungi terlebih dahulu pihak-pihak terkait yang diperlukan dalam pengumpulan data dan informasi. Sesuaikan dengan modul yang ada dalam proyek. Buat list untuk contact person berdasarkan modul proyek. Perhatikan contoh pada gambar 1.2 di bawah ini untuk lebih jelasnya.

 (Gambar 1.2    Daftar Contact Person)


Setelah dibuat daftar contact person, mulailah untuk menjalin hubungan kerjasama dengan pihak terkait tersebut. Perkenalkan diri kepada pihak-pihak terkait tersebut, jelaskan secara terinci mengenai tanggung jawab yang diemban sehubungan dengan proyek yang akan diselenggarakan. Buatlah percakapan yang sekomunikatif mungkin sehingga pihak-pihak terkait tersebut mengenal dan nyaman untuk berhubungan dan bekerja sama dengan perwakilan dari perusahaan penyelenggara proyek.

Tujuan dari mengenalkan diri kepada pihak-pihak terkait yang berhubungan dengan proyek tersebut adalah untuk mempermudah dalam proses mengumpulkan data dan informasi dari user.

Selanjutnya pihak-pihak terkait tersebut akan tidak segan lagi dalam memberi data dan informasi yang diminta oleh pihak penyelenggara proyek yang diwakilkan oleh company’s representative.


1.2.2   Pihak-pihak yang Terkait Dihubungi Untuk Melakukan Koordinasi Pengumpulan Informasi

Persiapkan jadwal untuk melakukan pengumpulan data dan informasi. Buat sebuah daftar check list  pengumpulan user requirement berdasarkan modul yang ada dalam proyek, dengan dilengkapi daftar contact person yang sudah dibuat sebelumnya. Perhatikan contoh check list pengumpulan user requirement pada gambar 1.3 di bawah ini.

 (Gambar 1.3    Daftar check list pengumpulan User Requirement)

Setelah mempersiapkan daftar check list, mulailah menghubungi pihak-pihak yang terkait dengan pengumpulan informasi berdasarkan atas modul dan sub modul proyek. Hal ini dimaksudkan untuk menentukan waktu dan tempat wawancara dengan user dalam rangka pengumpulan informasi.

Tentukan waktu dan tempat yang oleh masing-masing pihak dapat terpenuhi kondisinya. Artinya disini adalah jangan mengambil tempat pertemuan yang terlalu jauh untuk user maupun pihak yang mewakili instansi pengaju proyek. Lokasi pertemuan yang terlalu jauh mengakibatkan waktu menjadi terbuang hanya untuk perjalanan. Penentuan waktu yang sesuai dan dapat ditepati oleh kedua belah pihak, yang artinya tidak berbenturan dengan jadwal kegiatan lainnya.
 
Setiap kegiatan wawancara dengan user untuk pengumpulan informasi selesai dilaksanakan, beri tanda centang pada kolom check, yang menandakan bahwa pengumpulan informasi untuk modul tertentu telah selesai dilaksanakan.

Bila ternyata terjadi hal-hal diluar yang direncanakan sehingga mengakibatkan kegiatan wawancara untuk pengumpulan informasi tersebut gagal dilaksanakan, beri tanda silang pada kolom check. Lalu setelah itu hubungi kembali pihak yang terkait tersebut, untuk menjadwal ulang wawancara. Catat kembali tempat dan waktu wawancara yang sudah dijadwal ulang.

Alternatif lainnya selain menjadwal ulang wawancara dengan user bila terjadi kegagalan dalam jadwal pengumpulan informasi adalah dengan meminta pengganti contact person yang bisa atau sanggup untuk diwawancarai dalam rangka pengumpulan informasi, menggantikan contact person yang sebelumnya berhalangan.


1.2.3   Pihak-pihak yang Terkait Diwawancarai Untuk Mendapatkan Semua Informasi Mengenai Keperluan User

Kumpulkan terlebih dahulu informasi mengenai sistem yang dijalankan oleh user sesuai dengan modul dan submodul proyek. Hal ini bisa dilakukan pada saat wawancara dengan user.

Buat sketsa diagram alur yang menggambarkan sistem atau sub sistem yang dimiliki oleh user pada saat wawancara, dengan disertai catatan-catatan keterangan singkat untuk lebih memperjelasnya. Perhatikan contoh diagram alur untuk sistem inventory pada gambar 1.4 di bawah ini.

 (Gambar 1.4    Diagram alur)



Diagram alur dibuat pada halaman kosong setelah halaman cover standar dokumentasi. Berikan catatan-catatan penting untuk melengkapi dan memperjelas diagram alur yang telah dibuat.

Diagram alur ini nantinya akan berguna sebagai acuan dalam developing proyek yang akan dilaksanakan, berkaitan dengan software untuk sistem dan sub sistem tertentu sesuai dengan modul dan sub modul proyek.

Untuk kebutuhan akan hardware atau tools yang digunakan oleh user disesuaikan dengan kebutuhan akan sistem atau subsistem yang ada, maupun yang nanti akan dikembangkan. Misalnya saja sistem yang dikembangkan ternyata akan diterapkan secara terintegrasi pada lokasi yang berjauhan, maka dibutuhkan hardware atau tools yang mendukung untuk jaringan nir kabel, seperti vsat, menara pemancar, dan sebagainya.

Kebutuhan akan hardware atau tools ini dicatat pada lembaran terpisah. Untuk proyek berbasis IT, hardware atau tools yang umumnya digunakan adalah server, pc, notebook/laptop, modem, kabel UTP, dan perangkat lainnya yang berhubungan dengan teknologi informasi.  


1.3    Memberikan Saran-saran Terhadap Konfigurasi yang Sesuai Untuk Kebutuhan User 

1.3.1   Dasar-dasar Konfigurasi Komputer Dijelaskan Berdasarkan Berbagai Keperluan

Berbagai keperluan user dalam proyek berbasis IT tidak terlepas dari penggunaan komputer sebagai alat bantu dan perangkat pendukung yang menunjang dalam proses operasional bisnis sehari-hari.

Setiap keperluan user yang telah dicatat berdasarkan modul dan submodul yang ada dalam proyek, diberikan juga spesifikasi komputer yang nantinya akan digunakan dalam menjalankan modul dan submodul tersebut.

Spesifikasi komputer yang dicantumkan tidak perlu secara detil, tetapi cukup dengan menuliskan apakah komputer client atau server.

Sebaiknya spesifikasi komputer client  dan server  dibagi lagi kedalam subbagian yang lebih detil, misalnya komputer client administration, client invemtory, client accounting, dan sebagainya. Komputer server juga dapat dibagi menjadi komputer data storage (khusus untuk menyimpan data-data), komputer data processing (khusus untuk mengolah aplikasi-aplikasi sistem), dan sebagainya.

Pada halaman yang berisi catatan spesifikasi komputer, baru nanti akan dirincikan spesifikasi dari komputer client dan server yang bersangkutan.

Berikan penjelasan kepada user mengenai alasan mengapa bagian tertentu menggunakan komputer dengan spesifikasi client dan bagian lainnya menggunakan komputer dengan spesifikasi user.

Secara umum, semua bagian menggunakan komputer dengan spesifikasi client. Komputer dengan spesifikasi server hanya digunakan oleh bagian IT system administrator, yang memang fungsinya adalah sebagai administrator untuk sistem dan subsistem yang ada, dengan di-supervisi oleh pihak manager bagian.

Berikut adalah contoh spesifikasi minimum untuk komputer server dan client  yang dapat dijadikan sebagai contoh:

Server Data Storage
Processor vendor : GenuineIntel
Processor name : Intel(R) Xeon(R) CPU X3220 @ 2.40GHz
Processor speed : 2391.623 MHz
Processor cache size: 4096 KB
Memory: 4148928k/4718592k
Harddrive : 120GB 7200RPM IDE / 8MB Cache

Server Data Processing
Processor : Dual Xeon 2.8 Ghz FSB 800 Hyperthreaded (4 CPU)
Memory : 2 GB ECC Registered PC2700
Harddrive : 120GB 7200RPM IDE / 8MB Cache

Client Accounting
Processor : P4 2.8 LGA
Motherboard : DFI LAN Party
Memory : 512 MB / 1 Gb DDR 2
VGA Card : Gforce FX6600 128 MB
Harddrive : 40 Gb SATA Maxtor
Drive Storage : DVD RW Lite On / Samsung
Sound Card : Sound Blaster Live 5.1/7.1
Casing : Simbadda Sim V
Monitor : 17" GTC / ViewSonic
Keyboard + Mouse : Logitech Optical Multimedia

Sebaiknya setiap spesifikasi komputer disertakan juga nama vendor-nya agar jelas, karena perangkat yang diproduksi antara satu vendor dengan vendor lainnya tidaklah sama, baik dari segi kualitas, penggunaan, maupun harganya. Gunakan vendor yang umum di pasaran, vendor yang tidak umum nantinya hanya akan membingungkan user. Tidak menutup kemungkinan menyarankan vendor yang tidak umum selama instansi pengaju proyek dapat menjelaskan alasannya.

Beberapa bagian menggunakan komputer yang dikonfigurasi secara tidak umum, misalnya saja bagian IT system administrator yang membutuhkan konfigurasi untuk web server. Kebutuhan konfigurasi pada bagian IT system administrator ini dijelaskan kepada user alasannya mengapa bagian tersebut perlu di setting-kan web server. Diasumsikan sistem yang akan dijalankan adalah web base, maka diperlukan satu komputer server yang berfungsi sebagai pusatnya. Komputer pusat ini perlu di setting-kan web server. Jika dalam operating system Windows, ada yang dinamakan IIS (Internet Information Service) yang berfungsi sebagai tools untuk web server dari Windows.

Jelaskan kepada user, jika ada bagian yang memerlukan konfigurasi yang tidak umum pada komputernya. Dengan demikian nantinya user tidak akan mengalami kebingungan dengan situasi system yang berjalan pada komputer yang bersangkutan.

Biasanya konfigurasi komputer yang tidak umum terdapat pada komputer server untuk bagian IT system administrator. Namun tidak menutup kemungkinan ada bagian lain yang membutuhkan konfigurasi yang tidak umum. Misalnya saja bagian inventory perlu di-instal-kan Adobe Professional untuk mengolah dokumen ke dalam file .pdf.

Tujuan penjelasan dasar-dasar konfigurasi sesuai dengan keperluan user adalah agar semua keperluan user yang telah dikumpulkan sebelumnya berhasil dipenuhi dengan saran-saran dan solusi yang diberikan oleh pihak atau instansi pengaju proyek.

Berikut pada gambar 1.5 dan gambar 1.6 adalah contoh dokumen yang telah dibuat untuk kebutuhan user akan hardware/tools.

 (Gambar 1.5    Cover Standar Dokumentasi)

 (Gambar 1.5    Tabel Kebutuhan Hardware User)


1.3.2   Saran-saran Diberikan Berdasarkan Kebutuhan User dan Standar Konfigurasi yang Biasa Digunakan

Informasi yang sudah terkumpul, baik informasi akan hardware, tools, software, alur sistem, alur subsistem maupun hal-hal lainnya yang terkait dengan kebutuhan user, kemudian diolah dan dianalisa.

Kebutuhan-kebutuhan akan hardware, tools, ataupun perangkat-perangkat pendukung lainnya dianalisa sesuai dengan kebutuhan akan software yang akan dikembangkan.

Rumuskan beberapa saran dan solusi untuk setiap kebutuhan akan hardware dan tools ini, sehingga user memiliki banyak pilihan. Setiap saran dan solusi dirincikan kelebihan dan kekurangannya bila diterapkan dalam sistem atau subsistem yang dimiliki oleh user.

Kebutuhan-kebutuhan akan software dianalisa sesuai dengan bagan alir sistem dan subsistem yang sudah dibuat sebelumnya.

Rumuskan beberapa saran dan solusi untuk setiap kebutuhan akan software ini dengan menggambarkan bagan alir yang baru, yang telah menggunakan software yang telah diterapkan dengan didukung oleh perangkat-perangkat pendukungnya yaitu hardware dan tools yang sesuai.

Perumusan saran dan solusi tidak harus saat itu juga, melainkan dapat di waktu yang lain, namun perlu diingat untuk tidak terlalu lama mengolah informasi mengenai kebutuhan user ini menjadi saran ataupun solusi. Waktu yang terlalu lama dalam memberikan feedback membuat user menjadi tidak yakin akan kemampuan pihak atau instansi pengaju proyek dalam menangani proyek tersebut.

Buatlah jadwal pertemuan berikutnya kembali untuk membahas saran-saran dan solusi yang akan diajukan sehubungan dengan proyek terkait, menurut modul dan submodul tertentu.

Pertimbangkan juga anggaran yang disediakan oleh user dalam menyelenggarakan proyek ini. Itulah gunanya perumusan beberapa saran dan solusi beserta dengan faktor kelebihan dan kekurangannya, yaitu untuk memberikan user keleluasaan untuk memilih saran dan solusi yang terbaik dan yang paling tepat untuk penyelenggaraan proyek tersebut. Selain itu juga agar user mengetahui resiko dari setiap saran dan solusi. Pihak atau instansi pengaju proyek selanjutnya yang akan menindaklanjuti pelaksanaan dari saran dan solusi atas sistem dan subsistem user.

Sebelumnya telah dibahas mengenai pemberian saran-saran dan solusi oleh pihak pengaju proyek kepada user. Begitu juga dengan penjelasan mengenai saran-saran dan solusi tersebut, beserta penjelasan akan konfigurasi komputer yang digunakannya.

Pastikan untuk memberi tanda pada catatan yang telah dibuat untuk setiap saran-saran dan sousi yang telah disetujui oleh user. Hal ini bertujuan agar pada saat pelaksanaan proyek nantinya, tidak terjadi kesalahan dalam men-develop saran-saran dan solusi yang telah ditawarkan.

Periksa kembali setiap modul dan submodul terkait apakah sudah dibahas dengan user secara intensif. Pastikan semua kondisi telah terpenuhi baik oleh user maupun oleh pihak atau instansi pengaju proyek.
  Langkah berikutnya adalah melakukan koordinasi dengan user mengenai berbagai saran dan solusi yang telah disepakati bersama. Hal ini bertujuan untuk memberikan solusi yang paling sesuai untuk setiap kebutuhan user.


1.3.3   Koordinasi Dilakukan Untuk Mendapatkan Konfigurasi Komputer yang Paling Sesuai Dengan Kebutuhan User

Dari semua saran dan solusi yang telah ditawarkan oleh pihak atau instansi pengaju proyek, dan pembahasan mengenai alasan mengapa saran dan solusi tersebut diajukan, lakukan koordinasi dengan user dalam menentukan saran dan solusi yang paling sesuai dengan user.

Untuk setiap saran dan solusi yang telah disetujui dan diberi tanda pada dokumen, dibahas lagi untuk memastikan kebenarannya. Ada kalanya pada saat dibahas kembali user telah lupa atau menjadi ragu kembali akan saran dan solusi yang telah dipilihnya sendiri. Karena itu mulailah memandu dan mengarahkan user kembali pada pembahasan terhadap saran dan solusi yang sebelumnya telah dibahas.

Pastikan semua kebutuhan user telah diperoleh suatu kesepakatan akan saran dan solusi yang paling sesuai untuk memenuhi kebutuhannya tersebut.


1.4    Membuat Dokumentasi Kebutuhan User

1.4.1   Kebutuhan User Diidentifikasi Berdasarkan Hasil Wawancara Dengan User

Dari hasil wawancara dengan user, identifikasikan kebutuhan user. Untuk mengidentifikasi kebutuhan akan sistem dan subsistem, pelajari dari bagan alir yang sebelumnya telah dibuat. Sedangkan untuk mengidentifikasi kebutuhan akan komputer yang mendukung sistem dan subsistem  tersebut pelajari dari dokumen pencatatan hardware dan tools.

Dari hasil pembelajaran terhadap bagan alir sistem dan subsistem, akan diketahui kebutuhan user akan sistem dan subsistem, kemudian dari kebutuhan tersebut akan dibuat software yang telah di-costumize sesuai dengan kebutuhan tersebut. Logika software akan mengacu pada bagan alir yang telah dibuat tersebut.

Untuk kebutuhan akan hardware dan tools, dari hasil pembelajaran dari dokumen pencatatan hardware dan tools dapat diketahui seberapa besar kebutuhan user untuk menjalankan sistem (software) yang telah dibuat. Berapa banyak dibutuhkan komputer untuk server dan client, berapa banyak dibutuhkan modem, kabel UTP, dan sebagainya.

Rangkumlah semua identifikasi tersebut dalam catatan berikutnya. Bila untuk kebutuhan sistem, buatlah pada halaman terakhir dari pencatatan kebutuhan modul dan submodul. Sedangkan untuk kebutuhan hardware dan tools, buatlah pada halaman terakhir dari pencatatan kebutuhan hardware dan tools.


1.4.2   Dokumen yang Berkaitan Dengan Kebutuhan User Dibuat Sesuai Dengan Standar Pembuatan Dokumen

Semua hasil wawancara dan pencatatan dirapikan sesuai dengan modul dan submodul yang ada. Setiap dokumen sesuai modulnya masing-masing dijadikan satu folder. Tandatangani pada cover masing-masing dokumen (gambar 1.1), baik oleh pihak pengaju proyek, maupun oleh user yang diwakilkan oleh masing-masing penanggungjawab, biasanya oleh orang yang diwawancarai.

Semua dokumen-dokumen tersebut nantinya akan diolah, dimana proyek masuk dalam tahap developing. Dokumen-dokumen tersebut akan menjadi panduan oleh pihak atau instansi pengaju proyek dalam penyelenggaraan proyek. Dokumen ini juga bisa menjadi bukti apabila user melakukan complain atas proyek yang tidak sesuai dengan kebutuhannya. User sendiri mendapatkan copy-an dari dokumen-dokumen tersebut.


=============================
http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?hl=id&answer=35769 


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

22 komentar:

Anonim mengatakan...

Hey there are using Wordpress for your blog platform?
I'm new to the blog world but I'm trying to get
started and set up my own. Do you need any coding expertise to make your own blog?
Any help would be really appreciated!

Also visit my blog; website link building

Anonim mengatakan...

I like what you guys are usually up too. Such clever work and
reporting! Keep up the great works guys I've incorporated you guys to my own blogroll.

Check out my website ... related webpage

Anonim mengatakan...

Howdy! Would you mind if I share your blog with my facebook group?
There's a lot of folks that I think would really appreciate your content. Please let me know. Thank you

Also visit my blog post - cheap link building services

Anonim mengatakan...

Gday! My name is Brigitte and I personally just desired to say your blog website rocks!
It truly is hilarious simply because I use to have a blog that
almost had an identical web address: http://www.blogger.
com/comment.g?blogID=7845755448343932203&postID=116461162869538414
mine was only a few letters different. Anyhow, I am a big admirer of your blogging site and if you ever want
a guest post you should email me at: brigitteaddison@bigstring.
com. I absolutely love writing!

my website: relevant web page

Anonim mengatakan...

Howdy, i read your blog occasionally and i own a similar
one and i was just curious if you get a lot of spam feedback?

If so how do you stop it, any plugin or anything you can advise?

I get so much lately it's driving me crazy so any help is very much appreciated.

My web-site - link building agency

Anonim mengatakan...

Hi there this is somewhat of off topic but I was wanting to know if blogs use WYSIWYG editors or if you have
to manually code with HTML. I'm starting a blog soon but have no coding knowledge so I wanted to get advice from someone with experience. Any help would be enormously appreciated!

Feel free to visit my web site More inspiring ideas

Anonim mengatakan...

I really like your blog.. very nice colors & theme. Did you design this
website yourself or did you hire someone to do it for you?

Plz reply as I'm looking to design my own blog and would like to know where u got this from. kudos

Stop by my web blog ... gamersadda.org

Anonim mengatakan...

Hey there! Do you use Twitter? I'd like to follow you if that would be okay. I'm
definitely enjoying your blog and look forward to
new updates.

Look into my web blog - visit this page

Anonim mengatakan...

I have gone ahead and added a backlink back to your web page from one of my clients requesting it.

I have used your web site URL: http://www.blogger.
com/comment.g?blogID=7845755448343932203&postID=116461162869538414 and blog title:
Blogger: CYBER COMMUNITY to make certain you get the
correct anchor text. If you woud like to see
where your website link has been placed, please e mail me at: geraldo.

michels@yahoo.com. Cheers

Also visit my web-site: visit this weblink

Anonim mengatakan...

I really like your blog.. very nice colors & theme. Did you create this website yourself or did you
hire someone to do it for you? Plz reply as I'm looking to design my own blog and would like to know where u got this from. cheers

Here is my web blog ... best link building services

Anonim mengatakan...

I was curious if you ever considered changing the page
layout of your blog? Its very well written;
I love what youve got to say. But maybe you could a little
more in the way of content so people could connect with it better.
Youve got an awful lot of text for only having one or two pictures.
Maybe you could space it out better?

Look into my web-site; Continue

Anonim mengatakan...

Greetings! My spouse and I often write guest articles or
blog posts for other blog owners to help increase
publicity to our work, as well as provide great content to website owners.
It's a win win situation! If you are interested feel free to email me at: roccosaenz@bigstring.com so we can communicate further. Cheers!

Also visit my webpage - Read the Full Article

Anonim mengatakan...

Hi! I could have sworn I've been to this blog before but after browsing through some of the post I realized it's new
to me. Anyways, I'm definitely delighted I found it and I'll be book-marking and checking back often!


Take a look at my weblog - auto insurance calgary ::
::

Anonim mengatakan...

Hey! I know this is somewhat off topic but I
was wondering if you knew where I could get a captcha plugin for
my comment form? I'm using the same blog platform as yours and I'm having trouble finding one?
Thanks a lot!

My web page; visit this website link

Anonim mengatakan...

Hey superb blog! Does running a blog such as this require a great deal of work?
I have no understanding of computer programming however I was hoping to start my own blog soon.

Anyhow, if you have any ideas or techniques for new
blog owners please share. I know this is off subject
however I just wanted to ask. Kudos!

my page: click reference

Anonim mengatakan...

Hi there your web site url: http://www.blogger.
com/comment.g?blogID=7845755448343932203&postID=116461162869538414 appears to be redirecting to
a completely different site when I click the home-page link.
You might want to have this checked., for instance click the
next web site - -!

Anonim mengatakan...

Wonderful website you have here but I was curious about if you knew of
any community forums that cover the same topics talked about in this article?
I'd really like to be a part of group where I can get responses from other experienced people that share the same interest. If you have any recommendations, please let me know. Many thanks!

Here is my webpage ... link building solutions

Anonim mengatakan...

Tremendous things here. I am very glad to peer your post.
Thanks a lot and I am taking a look forward to touch you.
Will you please drop me a mail?

Also visit my homepage; link building packages - -

Anonim mengatakan...

Thanks for the marvelous posting! I really enjoyed reading it, you
could be a great author.I will remember
to bookmark your blog and will often come back sometime soon.

I want to encourage you to definitely continue your great writing,
have a nice weekend!

Feel free to surf to my page - how to do link building

Anonim mengatakan...

Hi! I've been following your web site for a while now and finally got the bravery to go ahead and give you a shout out from Lubbock Tx! Just wanted to tell you keep up the great job!

my blog post; Top Link Building

Anonim mengatakan...

Hi there! This is the third time visiting now and I really just
wanted to say I truley enjoy looking at your blog.
I have decided to bookmark it at reddit.com with your title: Blogger: CYBER
COMMUNITY and your Website address: http://www.
blogger.com/comment.g?blogID=7845755448343932203&postID=116461162869538414.
I hope this is ok with you, I'm trying to give your excellent blog a bit more visibility. Be back soon.

Feel free to visit my page - backlinks service

Anonim mengatakan...

Does your site have a contact page? I'm having trouble locating it but, I'd like to shoot you an email.
I've got some ideas for your blog you might be interested in hearing. Either way, great site and I look forward to seeing it improve over time.

Here is my weblog good Backlinks